KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH
SMA
TAHUN AJARAN 2020/2021
No |
Kompetensi
Dasar |
Bahan Kelas/ Semester |
Konten/Materi |
Level
Kognitif |
Indikator
Soal |
Bentuk Soal |
1 |
Menganalisis ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh menjadi dewasa |
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi makna bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa |
Pilihan
Ganda |
X/Ganjil |
Bertumbuh
dan Semakin Berhikmat |
Penalaran (Level 3) |
Disajikan kasus , siswa dapat menentukan remaja yang bertumbuh dan semakin
berhikmat. |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi sikap yang
menunjukkan rasa syukur atas kelebihan dan kekurangannya dalam aspek fisik. |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri
perkembangan kedewasaan dalam aspek emosi. |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menerapkan aspek moral dalam
kehidupan yang menunjukkan pribadi dewasa. |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi pribadi yang
dewasa dalam aspek
spritual. |
Pilihan Ganda |
||
2 |
Memahami
makna nilai-nilai Kristiani:
kesetiaan, kasih dan keadilan
dalam kehidupan
|
X/Ganjil |
Mengasihi dan Menghasilkan
Perubahan |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat menentukan ciri-ciri cinta kasih |
Pilihan Ganda |
X/Ganjil |
Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi contoh penerapan nilai kasih dalam
kehidupan sehari-hari |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Hidup dalam
kesetiaan |
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menganalisis makna kesetiaan berdasarkan firman Tuhan |
Pilihan Ganda |
||
X/Ganjil |
Nilai Keadilan |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menentukan perilaku adil dalam
kehidupan masyarakat |
Pilihan Ganda |
||
3 |
Memahami peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang
beriman |
X/Genap |
Peran Roh Kudus bagi orang percaya |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi peran Roh Kudus bagi orang percaya |
Pilihan Ganda |
X/Genap |
Peran Roh Kudus bagi orang percaya |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat menunjukkan kehidupan orang percaya yang sudah
diperbarui oleh Roh Kudus |
Pilihan Ganda |
||
|
X/Genap |
Peran Roh Kudus bagi orang
percaya |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi peran Roh Kudus dalam kehidupan
orang percaya
|
Pilihan Ganda |
|
4 |
Menganalisis
makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas
|
X/Genap |
Karya Allah
dalam kepelbagaian |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat menunjukkan penyebab manusia melakukan
diskriminasi pada sesamanya |
Pilihan Ganda |
X/Genap |
Karya Allah
dalam kepelbagaian |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentikasi
kepelbagaian manusia menurut Alkitab |
Pilihan Ganda |
||
X/Genap |
Pacaran |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menentukan cara pacaran menurut standar moral Alkitab |
Pilihan Ganda |
||
X/Genap |
Karya Allah dalam membaharui
kehidupan. |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa mampu
menganalisis pertumbuhan iman berdasarkan refleksi
Matius 7:18-19 |
Pilihan Ganda |
||
5 |
Memahami keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia
dan alam |
X/Genap |
Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.
|
Pemahaman (Level 1) |
Siswa
mampu mengidentifikasi ciri hidup yang diperbarui oleh Allah dalam
hubungannya dengan alam |
Pilihan Ganda |
X/Genap |
Remaja Kristen sebagai pelopor Pembaruan
|
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menentukan perannya sebagai garam kehidupan |
Pilihan Ganda |
||
6
|
Memahami peran Allah
dalam kehidupan keluarga |
XI/Ganjil |
Hakekat Keluarga Kristen |
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menganalisis keluarga sebagai tempat pembentukan utama dan
pertama bagi kehidupan Kristiani |
Pilihan Ganda |
XI/Ganjil |
Home sweet home |
Pemahaman
(Level 1) |
Siswa dapat
menentukan alasan rumah
menjadi tempat yang paling indah bagi penghuninya |
Pilihan Ganda |
||
XI/Ganjil |
Fungsi Keluarga secara umum |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi fungsi keluarga dalam aspek religius. |
Pilihan Ganda |
||
XI/Ganjil |
Tuhan Pedoman Kehidupan
Keluargaku |
Penmahan (Level 1) |
Siswa dapat menentukan alasan keluarga Kristen bisa berkembang dan menuju
kesempurnaan yang dikehendaki Tuhan |
Pilihan Ganda |
||
7
|
Menganalisis nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya hidup
masa kini |
XI/Ganjil |
Keluargaku dalam Gaya Hidup
Modern |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi bentuk gaya hidup modern dalam
kehidupan keluarga Kristen |
Pilihan Ganda |
XI/Ganjil |
Dampak Modernisasi bagi
Keluargaku |
Penalaran (Level 3) |
Disajikan kasus kondisi kehidupan keluarga Kristen yang menganut
gaya hidup modern, siswa dapat menganalisis dampak gaya hidup dalam kasus tersebut. |
Pilihan Ganda |
||
XI/Ganjil |
Dampak Modernisasi bagi
Keluargaku |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menentukan sikap keluarga Kristen dalam menanggapi
dampak modernisasi |
Pilihan Ganda |
||
8 |
Memahami peran keluarga dan
sekolah sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini |
XI/Genap |
Keluarga Pusat Utama Pendidikan |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat
mengidentifikasi tugas orang tua dalam mendidik anak-anaknya sesuai teks Alkitab Ulangan 6: 4-9 |
Pilihan Ganda |
XI/Genap |
Relasi Bermakna Antara Keluarga,
Gereja dan Sekolahku |
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menganalisis alasan sekolah sebagai sebuah
lembaga pendidikan yang penting dalam kehidupan masa kini |
Pilihan Ganda |
||
9 |
Menilai perkembangan kebudayaan,
ilmu pengetahuan, seni, dan tekonologi dengan mengacu pada Alkitab |
XI/Genap |
Mensyukuri Anugerah Allah Lewat Perkembangan Iptek |
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menganalisis
tujuan kebudayaan, IPTEK serta seni menurut Iman Kristen sesuai
teks Kitab Mazmur 150
|
Pilihan Ganda |
10
|
Memahami arti Demokrasi dan HAM
serta mengenali berbagai bentuk pelangga-ran Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan
dan kesejahtera-an manusia |
XII/Ganjil |
Pembawa damai sejahtera ·
Hak Asasi Manusia sebagai
anugerah Tuhan
|
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi makna Galatia 3:28 yang berkaitan
dengan Hak Asasi Manusia |
Pilihan Ganda |
XII/Ganjil |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menentukan alasan bahwa hak asasi tidak bisa
dirampas atau dicabut oleh siapapun |
Pilihan Ganda |
|||
XII/Ganjil |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi keadilan
Allah yang dapat dirasakan oleh manusia |
Pilihan Ganda |
|||
11
|
Menganalisis
nilai-nilai multikultur |
XII/Ganjil |
Multikultur adalah pemberian
Allah |
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menentukan hal yang dapat dilakukan Gereja dalam
masyarakat yang multikultur |
Pilihan Ganda |
XII/Ganjil |
Multikultur adalah pemberian
Allah |
Penerapan (Level 2) |
Siswa dapat menunjukkan sumbangan multikluturalisme yang
memperkuat umat Kristen dan bangsa Indonesia |
Pilihan Ganda |
||
XII/Ganjil |
Multikultur adalah pemberian
Allah |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat menentukan sikap yang dikembangkan dalam
kehidupan multikultur
|
Pilihan Ganda |
||
12 |
Menilai pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi
dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada teks Alkitab |
XII/ Genap |
Demokrasi dan HAM |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi cara raja Salomo menyelesaikan
perkara dua orang perempuan yang memperebutkan seorang bayi dalam kitab 1
Raja-raja 3:23-27 |
Pilihan Ganda |
XII/ Genap |
Demokrasi dan HAM |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi HAM merupakan anugerah Allah |
Pilihan Ganda |
||
XII/ Genap |
Demokrasi dan HAM |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mengidentifikasi kaitan Mazmur 133 dengan hak asasi
manusia |
Pilihan Ganda |
||
13 |
Menganalisis peran remaja
sebagai pembawa damai sejahtera dalam
kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus |
XII/ Genap |
Menjadi pembawa damai sejahtera
|
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri pembawa damai sejahtera dalam
kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus |
Pilihan Ganda |
XII/ Genap |
Menjadi pembawa damai sejahtera
|
Penalaran (Level 3) |
Siswa dapat menganalisis hambatan dalam mewujudkan damai
sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus |
Pilihan Ganda |
||
14 |
Menganalisis
ciri-ciri pribadi yang terus bertumbuh
menjadi dewasa |
X/Ganjil |
Bertumbuh
Menjadi Dewasa |
Penalaran
(Level 3) |
Siswa dapat menjelaskan keberadaan Allah
sebagai pembaru kehidupan manusia |
Uraian |
15 |
Memahami peran Allah dalam kehidupan keluarga |
XI/Ganjil |
Tuhan Pedoman Kehidupan
Keluargaku |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat mendiskripsikan 3 ciri kehidupan keluarga yang
melibatkan pera Allah dalam kehidupan keluarga.
|
Uraian |
16 |
Menilai
perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni, dan tekonologi dengan
mengacu pada Alkitab |
XI/Genap |
Mensyukuri Anugerah Allah Lewat Perkembangan Iptek |
Pemahaman (Level 1) |
Siswa dapat memberikan contoh penerapan IPTEK
dalam kehidupan yang selaras dengan sudut pandang Alkitab |
Uraian |
17 |
Memahami arti Demokrasi dan HAM
serta mengenali berbagai bentuk pelangga-ran Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan
dan kesejahtera-an manusia |
XII/Ganjil |
Pembawa damai sejahtera ·
Hak Asasi Manusia sebagai
anugerah Tuhan Demokrasi
menurut pandangan Alkitab |
Penalaran (Level 3) |
Disajikan kasus pelanggaran HAM siswa dapat menganalisa kasus
tersebut berdasarkan pandangan iman Kristen |
Uraian |
XII/Ganjil |
Penalaran (Level 3) |
Siswa
dapat mendeskripsikan bentuk pemerintahan yang ideal |
Uraian |
Komentar
Posting Komentar