KISI-KISI PENULISAN SOAL UJIAN SEKOLAH

SMA

TAHUN AJARAN 2020/2021


No

Kompetensi Dasar

Bahan Kelas/ Semester

Konten/Materi

Level Kognitif

Indikator Soal

Bentuk Soal

1

Menganalisis ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi makna bertumbuh menjadi pribadi yang dewasa

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Bertumbuh dan Semakin Berhikmat

Penalaran

(Level 3)

Disajikan kasus , siswa dapat menentukan remaja yang bertumbuh dan semakin berhikmat.

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi sikap yang menunjukkan rasa syukur atas kelebihan dan kekurangannya dalam aspek fisik.

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri perkembangan kedewasaan dalam aspek emosi.

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Penerapan

(Level 2)

Siswa dapat menerapkan aspek moral dalam kehidupan yang menunjukkan pribadi dewasa.

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi pribadi yang dewasa dalam aspek spritual.

Pilihan Ganda

2

Memahami  makna nilai-nilai Kristiani:  kesetiaan, kasih dan keadilan  dalam kehidupan

 

X/Ganjil

Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat menentukan ciri-ciri cinta kasih

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Mengasihi dan Menghasilkan Perubahan

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi contoh penerapan nilai kasih dalam kehidupan sehari-hari

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Hidup dalam kesetiaan

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menganalisis makna kesetiaan berdasarkan firman Tuhan

Pilihan Ganda

X/Ganjil

Nilai Keadilan

Penerapan

(Level 2)

Siswa dapat menentukan perilaku adil dalam kehidupan masyarakat

Pilihan Ganda

3

Memahami peran Roh Kudus dalam membaharui kehidupan orang beriman

X/Genap

Peran Roh Kudus bagi orang percaya

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi peran Roh Kudus bagi orang percaya

Pilihan Ganda

X/Genap

Peran Roh Kudus bagi orang percaya

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat menunjukkan kehidupan orang percaya yang sudah diperbarui oleh Roh Kudus

Pilihan Ganda

 

X/Genap

Peran Roh Kudus bagi orang percaya

Pemahaman  (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi peran Roh Kudus dalam kehidupan orang percaya

 

 

 

 

Pilihan Ganda

4

Menganalisis makna kebersamaan dengan orang lain tanpa kehilangan identitas

 

X/Genap

Karya Allah dalam kepelbagaian

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat menunjukkan penyebab manusia melakukan diskriminasi pada sesamanya

Pilihan Ganda

X/Genap

Karya Allah dalam kepelbagaian

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat  mengidentikasi kepelbagaian manusia menurut Alkitab

Pilihan Ganda

X/Genap

Pacaran

Penerapan

(Level 2)

Siswa dapat menentukan cara  pacaran menurut standar moral Alkitab

Pilihan Ganda

X/Genap

Karya Allah dalam membaharui kehidupan.

Pemahaman (Level 1)

Siswa mampu menganalisis pertumbuhan iman berdasarkan refleksi Matius 7:18-19

Pilihan Ganda

5

Memahami keberadaan Allah sebagai pembaharu kehidupan manusia dan alam

X/Genap

Peran remaja Kristen dalam pembaharuan hidup manusia dan alam.

 

Pemahaman (Level 1)

Siswa mampu mengidentifikasi ciri hidup yang diperbarui oleh Allah dalam hubungannya dengan alam

Pilihan Ganda

X/Genap

Remaja Kristen sebagai pelopor Pembaruan

 

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menentukan perannya sebagai garam kehidupan

Pilihan Ganda

6

 

Memahami  peran Allah dalam kehidupan keluarga

XI/Ganjil

Hakekat Keluarga Kristen

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat  menganalisis keluarga  sebagai tempat pembentukan utama dan pertama bagi kehidupan Kristiani

Pilihan Ganda

XI/Ganjil

Home sweet home

Pemahaman (Level 1)

Siswa   dapat menentukan alasan rumah menjadi tempat yang paling indah bagi penghuninya

Pilihan Ganda

XI/Ganjil

Fungsi Keluarga secara umum

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi fungsi  keluarga dalam aspek religius.

Pilihan Ganda

XI/Ganjil

Tuhan Pedoman Kehidupan Keluargaku

Penmahan

(Level 1)

Siswa dapat menentukan alasan keluarga Kristen bisa berkembang dan menuju kesempurnaan yang dikehendaki Tuhan

Pilihan Ganda

7

 

Menganalisis nilai-nilai Kristiani dalam menghadapi gaya hidup masa kini

XI/Ganjil

Keluargaku dalam Gaya Hidup Modern

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi bentuk gaya hidup modern dalam kehidupan keluarga Kristen

Pilihan Ganda

XI/Ganjil

Dampak Modernisasi bagi Keluargaku

Penalaran

(Level 3)

Disajikan kasus kondisi kehidupan keluarga Kristen yang menganut gaya hidup modern,  siswa dapat menganalisis dampak gaya hidup dalam kasus tersebut.   

Pilihan Ganda

XI/Ganjil

Dampak Modernisasi bagi Keluargaku

Penerapan

(Level 2)

Siswa dapat menentukan sikap keluarga Kristen dalam menanggapi dampak modernisasi

Pilihan Ganda

8

Memahami peran keluarga dan sekolah sebagai lembaga pendidikan utama dalam kehidupan masa kini

XI/Genap

Keluarga Pusat Utama Pendidikan

Pemahaman (Level 1)

Siswa  dapat mengidentifikasi tugas orang tua dalam mendidik anak-anaknya sesuai teks Alkitab Ulangan 6: 4-9

Pilihan Ganda

XI/Genap

Relasi Bermakna Antara Keluarga, Gereja

dan Sekolahku

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menganalisis alasan sekolah sebagai sebuah lembaga pendidikan yang penting dalam kehidupan masa kini

Pilihan Ganda

9

Menilai perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni, dan tekonologi dengan mengacu pada Alkitab

XI/Genap

Mensyukuri Anugerah Allah Lewat

Perkembangan Iptek

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menganalisis  tujuan kebudayaan, IPTEK serta seni menurut Iman Kristen sesuai  teks Kitab Mazmur 150

 

Pilihan Ganda

10

 

Memahami arti Demokrasi dan HAM  serta mengenali berbagai bentuk pelangga-ran  Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahtera-an manusia

XII/Ganjil

Pembawa damai sejahtera

·         Hak Asasi Manusia sebagai anugerah Tuhan

 

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi makna Galatia 3:28 yang berkaitan dengan Hak Asasi Manusia

Pilihan Ganda

XII/Ganjil

Penerapan

(Level 2)

Siswa dapat menentukan alasan bahwa hak asasi tidak bisa dirampas atau dicabut oleh siapapun

Pilihan Ganda

XII/Ganjil

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi keadilan Allah yang dapat dirasakan oleh manusia

Pilihan Ganda

11

 

Menganalisis  nilai-nilai   multikultur

XII/Ganjil

Multikultur adalah pemberian Allah

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menentukan hal yang dapat dilakukan Gereja dalam masyarakat yang multikultur

Pilihan Ganda

XII/Ganjil

Multikultur adalah pemberian Allah

Penerapan (Level 2)

Siswa dapat menunjukkan sumbangan multikluturalisme yang memperkuat umat Kristen dan bangsa Indonesia

Pilihan Ganda

XII/Ganjil

Multikultur adalah pemberian Allah

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat menentukan sikap yang dikembangkan  dalam  kehidupan multikultur

 

 

 

 

 

Pilihan Ganda

12

Menilai pentingnya keadilan sebagai dasar mewujudkan Demokrasi dan HAM pada konteks global dan lokal mengacu pada teks Alkitab

XII/ Genap

Demokrasi dan HAM

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi cara raja Salomo menyelesaikan perkara dua orang perempuan yang memperebutkan seorang bayi dalam kitab 1 Raja-raja 3:23-27

Pilihan Ganda

XII/ Genap

Demokrasi dan HAM

Pemahaman (Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi HAM merupakan anugerah Allah

Pilihan Ganda

XII/ Genap

Demokrasi dan HAM

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat mengidentifikasi kaitan Mazmur 133 dengan hak asasi manusia

Pilihan Ganda

13

Menganalisis  peran remaja sebagai  pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus

XII/ Genap

Menjadi pembawa damai sejahtera

 

Penalaran (Level 3)

Siswa dapat menunjukkan ciri-ciri pembawa damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus

Pilihan Ganda

XII/ Genap

Menjadi pembawa damai sejahtera

 

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat menganalisis hambatan dalam mewujudkan damai sejahtera dalam kehidupan sehari-hari selaku murid Kristus

Pilihan Ganda

14

Menganalisis ciri-ciri pribadi yang terus  bertumbuh menjadi dewasa

X/Ganjil

Bertumbuh Menjadi Dewasa

Penalaran (Level 3)

Siswa dapat menjelaskan keberadaan Allah sebagai pembaru kehidupan manusia

 

Uraian

15

Memahami  peran Allah dalam kehidupan keluarga

XI/Ganjil

Tuhan Pedoman Kehidupan Keluargaku

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat  mendiskripsikan 3 ciri kehidupan keluarga yang melibatkan pera Allah dalam kehidupan keluarga.

 

 

 

 

Uraian

16

Menilai perkembangan kebudayaan, ilmu pengetahuan, seni, dan tekonologi dengan mengacu pada Alkitab

XI/Genap

Mensyukuri Anugerah Allah Lewat

Perkembangan Iptek

Pemahaman

(Level 1)

Siswa dapat memberikan contoh penerapan IPTEK dalam kehidupan yang selaras dengan sudut pandang Alkitab

Uraian

17

Memahami arti Demokrasi dan HAM  serta mengenali berbagai bentuk pelangga-ran  Demokrasi dan HAM yang merusak kehidupan dan kesejahtera-an manusia

XII/Ganjil

Pembawa damai sejahtera

·         Hak Asasi Manusia sebagai anugerah Tuhan

Demokrasi menurut pandangan Alkitab

Penalaran

(Level 3)

Disajikan kasus pelanggaran HAM siswa dapat menganalisa kasus tersebut berdasarkan pandangan iman Kristen

Uraian

XII/Ganjil

Penalaran

(Level 3)

Siswa dapat mendeskripsikan bentuk pemerintahan yang ideal

Uraian

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAMAI SEJAHTERA